Minggu, 18 November 2012

Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yg Dipakai untuk Akses Internet

pendidikan

Mendeskripsikan Fungsi Perangkat Keras yg Dipakai untuk Akses Internet

Untuk mulai meggunakan Internet, minimal kita membutuhkan satu buah komputer, modem, dan line telepon. Kita juga harus mendaftarkan diri ke Internet Service Provider (ISP) untuk mendapatkan akses ke Internet.
Perangkat yang dibutuhkan antara lain :
1. Perangkat Komputer Pribadi (Personal Computer)Perangkat keras yang paling utama digunakan untuk koneksi internet adalah seperangkat komputer dengan spesifikasi tertentu yang mendukung untuk akses internet.
Komputer digunakan untuk berkomunikasi dengan komputer lain. Jika tidak ada komputer, maka aktivitas internet dan aktivitas lainnya tidak akan berjalan.
Agar dapat memanfaatkan akses internet, sebaiknya anda menggunakan spesifikasi komputer seperti terlampir :
Hardware disyaratkan
• Komputer:min. 486 DX(disarankan Pentium)
• RAM:min. 8 MB(disarankan 16 MB)
• Modem:min. 14.4 kbps(disarankan 33.6 kbps)
• Saluran telepon
Software disyaratkan
• Operating system: Minimal Windows 3.1
• Browser:Internet Explorer atau Netscape Navigator
• Dial-Up Networking
2. Modem (Modulator Demodulator)Modem merupakan perangkat yang saat ini paling banyak digunakan untuk melakukan koneksi ke internet, khususnya melalui saluran telepon. Modem ada 2 macam yaitu modem eksternal dan internal.  Alat ini akan mengubah format data computer ke format data telepon sebelum data itu dikirim melalui kabel telepon. Sebaliknya, pada komputer penerima, data dalam format data telepon akan diubah kembali ke format data komputer. Letak Modem ini ada yang berada dalam kotak CPU (modem internal) dan ada juga yang berada di luar kotak CPU (modem eksternal).

3. Saluran TeleponTelepon rumah juga merupakan saran yang penting untuk dapat menghubungkan komputer dengan internet. Saluran telepon dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan Internet dengan cara dial-up. Saluran Telepon
Pada bagian belakang komputer, terdapat line port yang digunakan untuk memasukkan kabel telepon yang ujungnya terdapat konektor, seperti yang biasa Anda masukkan ke phone port yang ada di pesawat telepon. Pada kebanyakan pesawat telepon, biasanya telah disediakan phone port tambahan yang dapat digunakan untuk memperoleh sambungan paralel ke pesawat telepon lain. Dengan menggunakan kabel telepon yang memiliki konektor di kedua ujungnya, Anda dapat memanfaatkan phone port ini untuk menghubungkan komputer ke jaringan telepon.
4. Perangkat Lunak (software)Terdapat beberapa software yang dapat digunakan untuk mengakses Internet, antara lain Internet Explorer dan Mozilla firefox.
5. Internet Service Provider (ISP)Untuk berlangganan Internet, kita harus menghubungi penyedia jasa Internet (provider) yang terdapat di kotamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar