Minggu, 25 November 2012

LAYANAN WORLD WIDE WEB (WWW)

World Wide Web atau sering disebut web merupakan jaringan informasi yang saling terhubung dan terbesar di seluruh dunia pada jaringan internet. Jaringan informasi ini disebut web karena dibentuk oleh kumpulan dokumen yang tersebar di berbagai computer di seluruh dunia (internet) dan saling terhubung sehingga menyerupai sarang laba-laba(web)
Apa perbedaan internet dan WWW? Anda harus tahu bahwa WWW berbeda dengan internet. Internet merupakan kumpulan jaringan computer diseluruh dunia yang saling terhubung. Internet merupakan media yang menghubungkan semua informasi di web. Semua informasi di web dapat diakses melalui internet. Dengan demikian web memerlukan Internet. Di sisi lain, kemajuan teknologi web juga menjadi motor penggerak kemajuan internet, bahkan internet menjadi popular setelah ditemukan teknologi web. Web menyumbangkan kepadatan lalu lintas informasi di internet sehingga teknologi internet harus terus dikembanagkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan para pengguna web.
Web menyediakan sarana untuk mengakses kumpulan informasi yang melimpah dalam bentuk teks(tulisan), gambar/grafik,audio(suara),video,animasi,film dan sebagainya. Web menggunakan konsep hypertext untuk mengaitkan sebuah dokumen dengan dokumen lain. Dalam konsep hypertext, informasi disimpan di dalam serangkaian dokumen atau file. Dokumen dapat saling terhubung oleh hyperlink. Suatu hyperlink digunakan untuk mengaitkan sebuah informasi (kata, gambar,istilah,nama dan sebagainya) dengan bagian lain di dalam dokumen yang sama atau dengan dokumen lain pada computer yang sama atau pada computer  lain di internet. Jika anda mengklik suatu hyperlink,anda akan berpindah ke informasi yang terkait. Dengan adanya hypertext dan hyperlink, informasi di web dapat diakses secara non linear. Tidak seperti membaca buku yang dibaca halaman demi halaman secara urut, untuk membaca dokumen web  , anda dapat meloncat dari sebuah dokumen ke dokumen lain, bahkan antar dokumen yang tersimpan di berbagai tempat di dunia. Itulah sebabnya istilah yang dipakai dalam mengakses web adalah surfing dan browsing..
Dari uraian di atas anda dapat menyimpulkan bahwa web mempunyai dua ciri utama yaitu terdiri atas kumpulan informasi multimedia dan setiap informasi saling dihubungkan oleh hyperlink(link-link hypertext).
  1. Informasi berbasis multimedia
Elemen multimedia menjadikan web menarik secara grafis, anda dapat membaca berita
Koran, mendengarkan music atau siaran radio, menonton siaran televise, bahkan melakukan percakapan telepon dengan pengguna internet lain..
2. Pemakaian Hypertext dan Hyperlink
Adanya  hyperlink menjadikan web dapat diakses secara non-linear, meloncat dari satu dokumen ke dokumen lain dari satu lokasi ke lokasi lain. Format atau bahasa penyajian dokumen web disebut Hyper Text Markup Language(HTML). HTML terdiri atas kumpulan perintah yang disebut ‘tag’ atau ‘markup’ untuk membuat struktur dokumen, memformat text dan mengaitkanny dengan dokumen lain. Hyperlink yang merujuk ke URL dalam situs web yang sama disebut internal hyperlink, sedangkan hyperlink uang merujuk ke URL dalam situs web yang berbeda disebut external hyperlink

http://rissqy09.wordpress.com/2009/10/22/layanan-world-wide-webwww/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar