Minggu, 25 November 2012

Fasilitas Search Engine

 

Search Engine merupakan fasilitas internet yang digunakan untuk mencari informasi dalam waktu singkat. Dengan fasilitas ini, kita tidak perlu mengingat dan mengetikan nama situs yang dituju. Cukup dengan mengetik kata kunci mengenai informasi yang akan dicari, search engine akan menampilkan beberapa situs yang terkait dengan kata kunci tersebut.

Beberapa contoh search engine antara lain:
1. Google
Google memiliki keunggulan berupa kecepatan akses yang sangat baik. Hal ini dipengaruhi oleh modem dan keandalan mesin pencari. Kelemahan Google terletak pada ketidaklengkapan fasilitasnya. Google tidak menyediakan fasilitas pencarian video, MP3, dan lain sebagainya. Fasilitas email yang disediakan Google bernama G-mail. Google dapat diakses dalam beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Jawa.

2. Yahoo!
Hampir 60% pengguna internet menggunakan Yahoo. Tampilan situs ini teroganisir dan mudah dipahami. Yahoo menyediakan fasilitas pencarian file bergerak seperti animasi, video, musik, dan lain sebagainya dan fasilitas e-mail serta chatting. Seperti Google, Yahoo pun dapat diakses dalam berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia.
3. MSN
MSN merupakan search engine yang dibuat oleh Microsoft. Kategori pencarian dan fasilitas yang ditawarkan MSN lebih lengkap daripada Yahoo dan Google. MSN juga menyediakan fasilitas e-mail dan chatting.








4. Useek




5. Ask Jeeves
6. a9.com
7. AlltheWeb









8. Clusty
9. Gigablast













10. Teoma

11. Wisenut
12. GoHook
13. Kartoo
14. Vivisimo.
15. WebCrawler
16. Hotbot
17. Excite
18. Infoseek
19. Inktomi
20. AltaVista










21. Aliweb
       Search engine menyediakan berbagai fasilitas pencarian yang terdiri dari pencarian teks, pencarian gambar, dan pencarian file. Berikut ini beberapa fasilitas pencarian yang dimiliki oleh search engine.

1. Pencarian Teks
    Pencarian dengan mengetikkan kata kunci teks sering digunakan oleh para peneliti, pencari kerja, siswa, mahasiswa, aktivis, dan pelaku bisnis. Pencarian teks pada search engine dapat menampilkan miliaran halaman yang sesuai dengan kata kunci pencarian teks.

2. Pencarian Gambar
    Pencarian gambar dilakukan dengan mengetikkan kata kunci teks pada tab Gambar (Picture). Beberapa gambar yang ada dalam database Google dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. Google menyarankan Anda untuk menghubungi pemilik situs jika ingin memperoleh izin menggunakan gambar tersebut.

3. Pencarian File
    Pencarian ini dengan mengetikkan kata kunci ekstensi file. Selain terhadap data berupa teks dengan format HTML, Google menyediakan pencarian terhadap dua belas jenis format file, diantaranya dokumen PDF, dokumen Microsoft Office, PostScript, Corel, WordPerfect dan Lotus 123. Keuntungan pencarian file dalam search engine adalah lebih cepat dibandingkan dengan mengunjungi situs yang menyediakan file yang dicari

.Sumber: id.wikipedia.org; LKS TIK Kharisma kelas XI SMA
Oleh: Silva Nur Fitrianti L. (33/XI-IPA1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar